Uncategorized

Jenis – Jenis mesin Genset berbasis bahan bakar genset

Listrik sudah menjadi makanan pokok di era modern ini. Hampir semua peralatan, kantor, sekolah, dan perangkat pribadi seperti ponsel dan laptop membutuhkan sumber daya untuk menyalakannya. Generator adalah teknologi yang tidak lagi baru. Generator dapat digunakan untuk menghasilkan daya ketika ada kegagalan daya listrik.


Pada dasarnya, Genset sendiri memiliki banyak jenis. Mesin berbasis bahan bakar genset dibagi menjadi 6 jenis, termasuk:

1. Generator gas
Gas Generator Engine adalah generator yang menggunakan bensin untuk menyalakannya. Gas yang biasa digunakan untuk menggerakkan generator jenis ini adalah LPG (liquefied petroleum gas) atau CNG (gas alam terkompresi). Dibandingkan dengan harga jual generator bensin, mesin generator gas relatif mahal. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya harga gas seperti metana (gas alam terkompresi), oleh karena itu perlu dipertimbangkan penggunaan generator gas.

2. Mesin diesel
Mesin mesin diesel sangat sering digunakan oleh sebagian orang. Generator ini sangat mudah digunakan dan digunakan. Selanjutnya, jenis generator ini memiliki daya yang sangat tinggi di kisaran 5 kW (5.000 watt) hingga 2 MW (2.000.000 watt). Generator diesel biasanya juga memiliki silinder dari 2 hingga 16 silinder, tergantung pada jenis dan merek. Kerugian dari generator diesel ini, bagaimanapun, adalah harga jual yang jauh lebih tinggi daripada generator bensin.

3. Generator untuk mesin bensin
Generator mesin bensin juga merupakan salah satu generator yang paling populer karena harga jual generator bensin ini lebih murah daripada yang lain. Mesin ini menggunakan bensin dan dapat menghasilkan daya hingga 10 kW (10.000 watt). Penggunaannya sederhana dan dapat digunakan di rumah-rumah di mana terlalu banyak energi tidak diperlukan.

4. Generator portabel
Motor generator portabel adalah generator yang dapat digunakan di luar ruangan atau dibawa ke mana saja. Mesin ini biasanya kecil. Biasa digunakan untuk memberi makan ladang atau di gudang.

5. Turbin agregat
Mesin turbo-generator adalah generator yang memiliki kapasitas lebih besar dari generator lainnya. Kapasitas generator ini dapat mencapai 2 MW (2.000.000 watt). Dengan generator ini, sebuah kota kecil dapat diaktifkan dengan menggabungkan beberapa turbin. Namun, pembangunan turbogenerator membutuhkan perhitungan yang akurat dan akurat berdasarkan kondisi lingkungan. Turbin – Turbin ini dapat berupa turbin air, turbin uap atau turbin udara yang kemudian menghasilkan putaran generator untuk menghasilkan listrik.

6. mesin generator urin
Dengan kemajuan teknologi yang ada, mesin generator bahkan dapat bekerja dengan air seni. Inovasi menarik ini dibuat oleh empat siswa Afrika bernama Duro-Aina (14 tahun), Akindele Abiole (14 tahun), Faleke Oluwatoyin (14 tahun) dan Bello Eniola (15 tahun). Menurut laporan, generator ini dapat menghasilkan listrik untuk 1 liter urin selama 6 jam.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*