Categories
Uncategorized

Perbedaan Genset Diesel Dan Genset Bensin

Genset ialah alat yang biasa digunakan sebagai alat pembangkit listrik ketika saluran listrik mati atau mengalami gangguan. Pada umumnya atau kebanyakan genset yang digunakan masyarakat ialah jenis genset diesel dengan bahan bahan solar. Genset jenis ini dinilai lebih murah karena harga solar pada dasarnya memang jauh lebih murah dibandingkan bensin dan beberapa bahan bakar minyak lainnya. Meski demikian, genset bensin juga tidak kalah menarik jika dibandingkan genset solar yang notabene murah bahan bakar ini. Oleh sebab itu, di bawah ini ialah beberapa pernyataan tentang perbedaan genset diesel dan genset bensin.

Genset diesel  terbaik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan beberapa genset lainnya sehingga secara keseluruhan mesin genset bensin akan jauh lebih murah. Kebanyakan genset diesel memiliki kapasitas sebesar 5 Kw sampai dengan 2 MW dengan silinder 2 sampai 16 sesuai dengan type dan jenisnya masing-masing, berbeda dengan kapasitas maksimal genset bensin yang hanya mencapai 10 kW. Banyaknya ruang silinder inilah yang menjadi perbedaan utama antara genset diesel dan genset bensin karena pembakaran yang terjadi dalam tiap ruang silinder genset diesel tidak bisa dicampuri oleh udara dari luar silinder. Selain itu, genset diesel juga memiliki torsi dan mekanisme kompresi yang lebih tinggi dibandingkan genset bensin sehingga suara yang ditimbulkan akan lebih bising atau berisik.

Sedangkan genset bensin memiliki cara kerja yang awalnya disuplai oleh listrik tekanan tinggi yang nantinya bisa memberikan percikan api pada busi lalu membakar bensin untuk menyalakan genset. Genset bensin menghasilkan suara yang lebih lembut dibandingkan genset diesel karena kemampuan kompresi yang dimilikinya lebih rendah dibandingkan genset diesel. Pada umumnya semakin tinggi kapasitas watt yang dihasilkan maka akan semakin mahal harga yang ditawarkan pada jenis genset bensin ini. Pada mesin genset bensin terbaru akan dilengkapi fitur electric yang nantinya dapat menyala secara otomatis ketika sambungan listrik utama sedang mati. Dari beberapa perbedaan genset diesel dan genset bensin sehingga Anda bisa menentukan mana jenis genset yang sekiranya lebih unggul dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *