Categories
Uncategorized

Perbedaan Genset Rumahan Otomatis dan Manual

Anda tidak bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai daya hidup kembali ketika terjadi pemadaman listrik. Hal tersebut menjadi alasan mengapa generator set atau sering disebut dengan genset penting untuk dimiliki setiap rumah. Genset rumahan memiliki dua jenis yaitu dengan sistem manual dan sistem otomatis.

Sistem siaga opsional juga dikenal sebagai “generator cadangan” yang dipasang di dalam rumah untuk menyediakan sumber listrik sekunder selama pemadaman listrik. Generator cadangan yang besar dapat mengisi seluruh lokasi komersial atau perumahan. Ada beberapa cara untuk mentransfer daya dengan aman dari saluran listrik ke generator dan sebaliknya. Dengan menambahkan sakelar transfer otomatis, generator akan mengambil alih daya segera setelah saluran listrik lokal padam. Sakelar transfer manual mengharuskan seseorang di tempat terletaknya generator untuk menghidupkan dan mematikan generator sesuai kebutuhan. Sakelar otomatis pada Genset Rumahan dapat menjaga agar pekerjaan anda tidak mengalami gangguan walau sebentar.

Tersedia sakelar transfer manual dan otomatis mulai dari desain yang super sederhana hingga yang lebih canggih. Ada opsi tunggal dan multi-sirkuit. Sakelar transfer dengan kategori yang cocok untuk digunakan sebagai peralatan servis dapat dipasang di sistem listrik hulu yang terletak di pemutus sirkuit utama panel listrik anda. Meski demikian, perihal tersebut tergolong rumit karena memerlukan kontraktor listrik berlisensi untuk menilai kekuatan serta pemasangannya juga tidak mudah. Sakelar transfer manual lebih terjangkau dan sederhana. Tetapi, seseorang harus berada di lokasi untuk mengoperasikan generator, menyalakan dan mematikannya. Itu berarti itu tidak akan hidup secara otomatis ketika listrik padam. Sakelar transfer otomatis meskipun lebih mahal, tetapi menawarkan teknologi canggih yang sepadan. Jenis saklar secara otomatis ini mentransfer daya ke genset rumahan ketika pemadaman listrik.  Genset cadangan dapat memulai dan menghentikan generator sendiri, mendeteksi gangguan daya, dan secara otomatis beralih ke sumber daya alternatif sesuai kebutuhan. Ketika daya kembali ke saluran utilitas, genset juga secara otomatis mentransfer kembali ke sumber daya asli dan mematikan generator. Memasang pengaturan semacam ini rumit dan selalu membutuhkan teknisi listrik yang ahli di lokasi. Kapan saja anda ingin punya genset buat hunian anda, yang pasti genset rumahan berkualitas lah yang harus dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *